Laporan Pertandingan: Chelsea 2 Manchester City 1

Laporan Pertandingan: Chelsea 2 Manchester City 1

 

Ringkasan
Sebuah gol dari Fernando Torres di menit ke-90 membuat kami berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Manchester City di Stamford Bridge di malam yang menghibur di London barat.

Pertandingan sepertinya akan berakhir imbang setelah gol Andre Schurrle di babak pertama dibalas oleh Sergio Aguero tiga menit setelah babak kedua dimulai, tetapi Torres, yang berulang kali merepotkan barisan pertahanan City, berhasil memanfaatkan kesalahan komunikasi antara Matija Nastasic dan Joe Hart jelang injury time untuk memastikan kemenangan kelima bagi tim asuhan Jose Mourinho ini.

Babak pertama
Kedua tim memulai pertandingan ini dengan modal kemenangan di Liga Champions, namun The Blues lah yang terlebih dahulu memberikan ancaman.

City gagal membuang bola dengan sempurnah dari tendangan penjuru Frank Lampard dan bola lalu jatuh ke kaki Oscar di luar kotak penalti, yang kemudian mengirimkan umpan silang ke tiang jauh, di mana Gary Cahill berdiri tanpa pengawalan. Sang bek tengah ini dengan baik langsung melepaskan tendangan voli namun bola melayang terlalu tinggi dari sasaran.



City, setelah start yang lambat, mulai beradaptasi memiliki pijakan di pertandingan ini dan mulai banyak menguasai bola. Dengan Fernandinho dan Garcia menjadi gelandang bertahan, Yaya Toure, yang mengenakan ban kapten, berposisi lebih ke depan dan mereka sering menggunakan dirinya sebagai ancaman bagi The Blues.

Namun kedua lini pertahanan mampu berdiri dengan kokoh dan tidak ada peluang gol yang bagus yang tercipta, sampai memasuki setengah jam pertama pertandingan berjalan.

Dalam dua kesempatan, Torres nyaris mencetak gol, yang pertama ketika ia mendapatkan umpan silang Ramires dan kemudian ketika ia berhadapan satu lawan satu dengan kiper namun tendangannya melayang tinggi meski menendangnya dari jarak dekat.

Namun pemain asal Spanyol ini tidak menyerah dan di menit ke-32 ia membuat Stamford Bridge riuh karena giringan bolanya yang menawan di sisi kanan, melewati Gael Clichy dan melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang yang dengan cepat disambar oleh Schurrle untuk mencetak gol dari jarak dekat dan memberikan kami keunggulan.



Itu merupakan gol pertama Schurrle bagi klub, dan ia tahu betul siapa yang harus diberikan ucapan terima kasih, dengan menunjuk kepada Torres saat ia merayakan golnya.

Tak lama kemudian keunggulan kami nyaris digandakan oleh Torres, yang kembali menggiring bola dengan cepat dan melewati bek City, memasuki kotak penalti lalu melepaskan tendangan keras yang melewati Joe Hart namun mengenai mistar gawang dan kemudian diamankan oleh pemain tim tamu.

Tim asuhan Mourinho ini memang unggul namun dengan begitu banyaknya pemain berbakat di City, mereka tetap mampu memberikan ancaman, salah satunya empat menit sebelum jeda, yang membuat Petr Cech harus melakukan penyelamatan untuk mengagalkan peluang Aguero.

Toure sempat mencoba keberuntungannya dengan menendang dari luar kotak penalti sebelum jeda, namun bola hasil tendangannya masih melaju tinggi.

Babak kedua
City memulai babak kedua dengan lebih baik dan tiga menit setelah babak kedua dimulai, mereka mengembalikan kedudukan menjadi seimbang.

Silva memberikan umpan kepada Nasri; dan pemain asal Perancis ini meneruskannya kepada Aguero. Meski posisinya terlihat tidak terlalu membahayakan, sang striker melepaskan tendangan keras melewati Cech dan menghujam bagian dalam atas gawangnya.



Itu merupakan gol kelima Aguero dalam empat pertandingan dan gol yang membuat tim asuhan Pellegrini itu kembali hidup.

Tak lama kemudian Silva mendapatkan peluang bagus untuk membuat mereka berbalik unggul, namun alih-alih melepaskan tendangan, Silva justru mengumpan dan membuat The Blues bisa menyapu bola. Ia lalu mengeksekusi tendangan bebas City yang diteruskan oleh Garcia ke gawang, tetapi Cech dengan baik mampu menangkap bola.

Namun kami meresponnya dengan baik. Setelah permintaan penalti kami karena Hazard terjatuh di dalam area penalti setelah berebut bola dengan Zabaleta ditolak, Torres membuat peluang bagus ketika sundulannya memanfaatkan tendangan bebas Lampard mampu diselamatkan oleh Hart.



Sekarang momentum berganti menjadi milik The Blues dan dari serangan balik kami, Garcia beruntung tidak diusir wasit setelah melanggar Torres ketika sang pemain tidak memegang bola. City bernafas lega ketika hanya kartu kuning diberikan wasit dan ketika peluang Terry, yang mengejar eksekusi tendangan bebas Lampard, masih sedikit melebar dari sasaran. Di sisi lain lapangan, tak lama kemudian, Cech dengan gemilang berhasil memblok tendangan Silva dengan kakinya.

Mourinho membuat dua pergantian pada menit ke-65, memasukkan John Mikel Obi dan Willian, sementara Lampard dan Schurrle keluar, dan tak lama kemudian City juga melakukan pergantian dengan memasukkan Jesus Navas menggantikan Nasri.

Kedua tim seperti tidak puas dengan hanya satu poin, dan Ramires sempat memiliki peluang yang masih tipis melayang di atas gawang Hart.

Mourinho lalu memasukkan Eto'o tujuh menit sebelum laga berakhir untuk menggantikan Hazard. Niatnya terlihat jelas.

Empat menit sebelum waktu normal berakhir, kami nyaris meraih gol kemenangan lewat tendangan bebas Willian. Pemain asal Brasil itu melepaskan tendangan ke arah gawang, dan hanya perlu satu sentuhan untuk membelokkan bola tepat ke gawang namun akhirnya bola melaju tipis ke sisi gawang Hart.

Namun masih ada waktu untuk terjadinya drama, dan di menit ke-90, kami berhasil mencetak gol kemenangan yang begitu berharga.



Willian secara spekulatif menyundul bola ke depan tanpa ada target yang jelas namun Nastasic berusaha meneruskan bola dengan sundulan ke arah gawang, melewati Joe Hart yang berlari ke depan dengan maksud menghalau bola. Torres bereaksi dengan cepat dan berlari mengejar bola lalu melepaskan tendangan ke gawang yang kosong di depan Demichelis yang terlambat menghalau, dan membuat para suporter tuan rumah, selain tentunya bench Chelsea, bergembira ria.

Mourinho merayakan gol itu bersama fans dan para pemain berlari ke pojok lapangan dan melompat ke arah sang pencetak gol. Jarang gol kami dirayakan dengan seperti itu, namun tidak mengherankan hal itu terjadi mengingat pentingnya gol tersebut.

City berusaha memanfaatkan waktu yang tersisa namun kami berhasil mempertahankan kemenangan ini.

Lagu 'One Step Beyond' dari Madness bergema di dalam Stamford Bridge setelah peluit panjang dibunyikan saat para pemain, suporter, dan manajemen, merayakan kemenangan itu dengan hebat. Itu adalah sebuah kemenangan yang besar, dan membuat rekor 100 persen kami di kandang di Premier League musim ini terus terjaga.

Chelsea (4-2-3-1): Cech; Ivanovic, Cahill, Terry (c), Cole; Ramires, Lampard (Mikel 65); Hazard (Eto'o 83), Oscar, Schurrle (Willian 65); Torres.
Cadangan: Schwarzer, Azpilicueta, David Luiz, Mata.
Pencetak gol Schurrle 32, Torres 90
Kartu kuning Lampard 21, Ramires 50

Manchester City (4-1-4-1): Hart; Zabaleta, Demichelis, Nastasic, Clichy; Garcia (Kolarov 79); Nasri (Navas 69), Yaya Toure (c), Fernandinho, Silva; Aguero (Negredo 86).
Cadangan: Pantilimon, Richards, Milner, Dzeko.
Pencetak gol Aguero 48
Kartu kuning Zabaleta 26, Nastasic 33, Garcia 59.

Wasit Howard Webb
Jumlah penonton 41,495


Sumber http://indo.chelseafc.com/news/latest/1714#pHACTCHg86CyWuc5.99

 

Berita Terkait