Fun Hiking Blues Troops Bali ke Gunung Batur menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-69

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 Blues Troops Bali mengadakan kegiatan bertajuk #FunHiking ke gunung Batur. Kegiatan Fun Hiking Blues Troops Bali diselenggarakan dari tanggal 16-17 Agustus 2014, dan didukung penuh oleh  (True Blue Indonesia) @TrueBlueIdn , IM3 Indosat Bali , Komunitas Bali Bersih, dan Eco-Bali.com.

Kegiatan Fun Hiking Blues Troops Bali dimulai Sabtu tanggal 16 agustus peserta berkumpul di Denpasar,sebelum berangkat peserta di briefing  mengenai keseluruhan kegiatan selama di gunung Batur,inti dari kegiatan adalah Fun Hiking,Bersih-bersih sampah sepanjang jalur pendakian dan pengibaran bendera Indonesia di puncak gunung Batur.

Fun Hiking Blues Troops Bali diisi dengan bersih-bersih sampah plastik sepanjang jalur pendakian gunung Batur’

       Ada 12 orang peserta pendaki dari Blues Troops Bali yang ikut serta dalam pendakian, mereka sudah di bekali kantong kain dari Eco Bali untuk memungut sampah plastik di sepanjang jalur pendakian, perjalanan menuju gunung Batur dimulai sekitar pukul 23.00 wita waktu Denpasar, kurang lebih perjalanan ke gunung Batur selama 2 jam.

       Sekilas tentang Gunung Batur, yang merupakan gunung berapi aktif yang ada di Pulau Bali dengan ketinggian 1717 mdpl, dan telah berkali kali meletus. Terakhir kali meletus adalah pada tahun 2004, letusan terhebat terjadi pada tahun 1926 yang sempat menimbun desa batur dan pura ulun danu dengan lava pijarnya (sumber wikipedia).

 

            Sesampainnya di pos pertama gunung Batur peserta Fun Hiking melanjutkan pendakian dengan berjalan kaki lokasi start pendakian Gunung Batur,Pura Jati Toya Bungkah, setelah  sejenak berisirahat dan para peserta melakukan persiapan terakhir sebelum memulai pendakian.

           Pukul 03.30 Wita peserta pun memulai pendakian dengan menembus tebalnya kabut di kaki gunung Batur, dan lebatnya hutan pinus disepanjang jalur pendakian, perjalanan ditempuh sekitar 2 jam untuk mencapai puncak gunung Batur, pada saat itu diperkirakan sekitar 500-an lebih pendaki yang mendaki gunung Batur bersamaan, sangat membludak sehingga membuat jalur pendakian cukup padat, ditambah kondisi cuaca yang kurang bersahabat karena kabut tidak kunjung hilang sampai menjelang munculnya sunrise.

            Pukul 05.45 Wita peserta Fun Hiking Blues Troops Bali sudah sampai di pos terakhir dari gunung Batur, sejenak kita beristirahat sembari menanti munculnya sunrise,  namun kabut enggan menghilang dari puncak Batur.

 

Pukul 06.30 Wita Matahari mulai muncul dari tidurnya namun kabut masih saja menutupi keindahannya, peserta pun melanjutkan perjalanan sampai ke puncak tertinggi gunung Batur, setelah mencapai puncak gunung Batur rasa lelah pun terbayar oleh keindahan yang disuguhkan oleh pemandangan tambang pasir dan danau Batur yang terbentang luas di kaki gunung Batur , pesrta pun nampak menikmati sejenak pemandangan indah yang tersaji dihadapan mereka.

 

          Setelah puas menikmati pemandangan dan berfoto peserta melanjutkan perjalanan pulang dengan mengitari kawah gunung Batur yang cukup menantang dengan tebing-tebing terjalnya, tidak lupa disepanjang jalur pendakian pulang peserta Fun Hiking mengambil sampah-sampah plastik dan botol plastik yang berceceran disepanjang jalur pendakian dan cukup merusak pemandangan bagi orang yang menyaksikannya.

 

 

            Melalui kegiatan ini peserta Fun Hiking berharap para pendaki bisa lebih cerdas dalam mengelola sampah pendakiannya agar tidak membuang sampah di gunung sehingga merusak kelestarian alam itu sendiri, seperti yang dikutip oleh leader Blues Troops Bali, Ruddy Khaizan : “ Fun Hiking Blues Troops Bali bukan hanya bisa menikmati keindahan alam gunung Batur saja,tapi kami disini juga ingin tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam gunung Batur dari sampah-sampah plastik dan botol dari para pendaki yang masih belum sadar akan bagaimana menjaga kebersihan lingkungan”

            Panitia juga mengucapkan banyak terima kasih buat semua yang telah mendukung terselenggarannya kegiatan ini, semoga alam Bali tetap indah selamannya, Mari kita jaga keindahan alam Bali bersama-sama. ! 

(RKhz)

 

Berita Terkait